Life. Inspiration. Perseverance. Comedy. Love

Supaya Keterima di Bank Indonesia

In tips on 11/01/2012 at 10:00

Tidak terasa sudah hampir lima tahun sejak gue mengikuti ujian tes masuk PCPM agar bisa berkarya di Bank Indonesia. Sekarang sudah ada penerimaan PCPM lagi, dan bagi orang-orang yang berharap keterima di luar sana, berikut sekedar berbagi supaya keterima di Bank Indonesia.

  1. Baca persyaratannya dengan baik. BACA. DENGAN. BAIK. Kalau misalnya syaratnya IPK minimal 3.0, bagi yang kurang jangan mendaftar. Kalau disuruh ke map berwarna biru ya map berwarna biru. Ikuti semua persyaratan sampai ke detilnya. Kalau tidak jelas, tanya saja ke call center.
  2. Jangan lupa cek identitas. Nama. Alamat. Telepon yang bisa dihubungi. Jangan karena hal-hal sepele malah menyebabkan kita gagal keterima di Bank Indonesia.
  3. TIDAK ADA pungutan biaya apapun. Kalau ada yang menjanjikan pasti keterima dengan imbalan biaya itu pasti janji-janji surga saja. Gue tidak dipungut biaya apapun kok, buktinya bisa diterima.
  4. Badan juga mesti sehat untuk lolos tes kesehatan. Usahakan badan bugar dan kalau bisa diet dan berolahraga sedikit bagi yang merasa dirinya sedikit gembul.
  5. Kalau misalnya ada tes kompetensi bidang ya belajar sedikit-sedikit lah. Dari Internet juga boleh. Mengulang kembali sebenarnya kita tuh bisa apa aja.
  6. Jangan menjadi diri sendiri kalau ngerjain tes psikotes. Jadilah versi yang lebih baik. Jangan terpancing kalau bilang isi apa adanya. Cobalah cari di internet bagaimana mensiasati tes psikotes ini. Begitu pula dengan tes psikiatri.
  7. Coba cari bagaimana tips wawancara yang baik dan benar. Jangan terlalu kaku, tetapi juga jangan terlalu santai. Persiapkan jawaban-jawaban yang pas dan jangan terjerumus dalam pertanyaan yang menjebak dan malah membuat diri sendiri sulit.
  8. Terima semua keputusannya. Kalau misalnya ada yang IPKnya lebih jelek tapi keterima, ya berarti itu rejekinya. Jangan protes langsung apalagi curhat di sosial media. Masih banyak perusahaan kok yang lebih bagus dari Bank Indonesia.

Tips di atas tidak menjamin juga keterima di Bank Indonesia 100 persen yah. Semuanya Tuhan yang menentukan. Dan bagian SDM.  Selamat melamar.

ps : satu lagi yang ketinggalan. Jangan lupa berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa. “Ya Tuhan, jika BI memang jodohku, ijinkan aku bekerja di sana, tetapi jika tidak, kertas yang ada tulisan BI semoga mengalir lancar ke kantongku. Amin”

Leave a Reply

Your email address will not be published.